Saturday 18 June 2016

Pengertian Restoran

Restaurant / restoran memiliki arti yang sangat beragam namun arti-arti tersebut mempunyai maksud dan pengertian yang sama.
Kata restoran berasal dari bahasa Perancis dengan kata "Restaurer" yang berarti to restore atau restorasi yang bila diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki pengertian memperbaiki atau memulihkan.
Dapat ditarik kesimpulan arti dari restoran yaitu memulihkan kondisi seseorang dari kondisi yang kurang baik menjadi kondisi yang baik seperti sebelumya.

Restaurant juga mempunyai arti rest yakni tempat untuk beristirahat dan taurant adalah bangunan yang dibuat secara permanen, bila kedua kata tersebut digabungkan maka berarti tempat untuk beristirahat pada bangunan yang dibuat secara permanen.

Kegiatan utama dari restoran adalah makanan (food), minuman (beverage) dan pelayanan (service) maka dapat diartikan bahwa dalam beristirahat dengan cara menikmati makanan dan minuman sekaligus pelayanan.

Tujuan dari dibangunnya restaurant / restoran adalah :

  • Kepuasan tamu dan pelanggan / guest satisfaction
  • Mencari keuntungan / profitable


Dalam menjalankan kegiatan restoran ada beberapa poin yang dapat mempengaruhi operasional restoran dalam sebuah hotel, yakni :


1. Ruang lingkup pekerjaan / scope of activities
merupakan seberapa besar daya cakup dari sebuah restoran yang meliputi kapasitas tempat duduk / seating capacity, area kerja, tanggung jawab dan koordinasi.



2. Kebijakan manajemen / management policy

setiap manajemen mempunyai cara, prosedur dan bentuk yang berbeda dalam mengelola restoran.

3. Jenis perusahaan / type of establishment
setiap perusahaan atau restoran mempunyai tipe, jenis dan ciri khas yang membentuk unsur khusus dari restoran tersebut.

No comments:

Post a Comment