Manfaat dari sebuah struktur organisasi :
- Citra perusahaan (image of establishment)
- Jenjang karir (carrier path)
Dengan adanya struktur organisasi maka seseorang akan mengetahui perkembangan serta masa depannya.
- Gaji dan upah (wages and salary)
Struktur organisasi memberi gambaran tentang posisi didalam struktur melalui penggajian dan upah.
- Tugas dan tanggung jawab (duties and responsibility)
Dalam sebuah struktur organisasi maka akan sangat terlihat tugas dan tanggung jawab yang harus dipikul.
- Menerima dan meneruskan perintah (delegate and obligate order)
Hal ini menunjukan hubungan kerja dalam pengorganisasian alur perintah.
- Memperllihatkan fungsi yang ada.
Setiap restoran memiliki struktur organisasi yang jelas guna memberi informasi kepada seluruh karyawan yang bekerja dalam hal :
- Hubungan atasan dan bawahan.
- Hubungan antara karyawan dan tanggung jawabnya.
- Tugas-tugas dari masing-masing karyawan sesuai dengan tempat posisi dan jabatan.
- Alur instruksi, informasi dan dokumen.
Perbedaan struktur organisasi restoran di dalam hotel dapat berbeda antara satu dengan yang lain. Berikut beberapa hal yang mempengaruhi perbedaan struktur organisasi restoran :
- Kriteria Hotel / besar kecilnya hotel.
- Jumlah restoran yang ada di dalam hotel.
- Ruang lingkup aktivitas kerja atau aktivitas operasional restoran.
- Kebijakan dari manajemen hotel.
No comments:
Post a Comment