Sunday 19 June 2016

Struktur Organisasi Restoran

Organisasi merupakan suatu persekutuan yang terdiri dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, yang memiliki fungsi tugas dan tanggung jawab yang berbeda satu dengan yang lainnya dimana terdapat sebuah kelompok pimpinan dan bawahan.

Manfaat dari sebuah struktur organisasi :

  • Citra perusahaan (image of establishment)
Sebuah perusahaan yang baik akan memiliki struktur organisasi dengan demikian akan terlihat tentang besar atau kecilnya suatu perusahaan.


  • Jenjang karir (carrier path)

Dengan adanya struktur organisasi maka seseorang akan mengetahui perkembangan serta masa depannya.


  • Gaji dan upah (wages and salary)

Struktur organisasi memberi gambaran tentang posisi didalam struktur melalui penggajian dan upah.


  • Tugas dan tanggung jawab (duties and responsibility)

Dalam sebuah struktur organisasi maka akan sangat terlihat tugas dan tanggung jawab yang harus dipikul.


  • Menerima dan meneruskan perintah (delegate and obligate order)

Hal ini menunjukan hubungan kerja dalam pengorganisasian alur perintah.


  • Memperllihatkan fungsi yang ada.


Setiap restoran memiliki struktur organisasi yang jelas guna memberi informasi kepada seluruh karyawan yang bekerja dalam hal :

  1. Hubungan atasan dan bawahan.
  2. Hubungan antara karyawan dan tanggung jawabnya.
  3. Tugas-tugas dari masing-masing karyawan sesuai dengan tempat posisi dan jabatan.
  4. Alur instruksi, informasi dan dokumen.


Perbedaan struktur organisasi restoran di dalam hotel dapat berbeda antara satu dengan yang lain. Berikut beberapa hal yang mempengaruhi perbedaan struktur organisasi restoran :

  1. Kriteria Hotel / besar kecilnya hotel.
  2. Jumlah restoran yang ada di dalam hotel.
  3. Ruang lingkup aktivitas kerja atau aktivitas operasional restoran.
  4. Kebijakan dari manajemen hotel.

No comments:

Post a Comment