Saturday 18 June 2016

Sejarah Restoran

Kegiatan restoran ternyata telah ditemukan sejak dahulu kala yang mana terbukti dan dikenali dari berbagai peninggalannya, yaitu :

  • Asia Tenggara dan negara Tiongkok yang terkenal dengan kegiatan kulinernya serta dapat dilihat dari penemuan penggunaan etika peralatan makan dan minum tertua yang terbuat dari tembikar. hal ini ditemukan dari 1750 SM dan masih digunakan sampai saat ini.


sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Tiongkok


  • Sedangkan di Timur Tengah ada negara Arab. temuan di negara ini berupa long bench (meja panjang) yang terbuat dari batu yang dijadikan tempat makan dan minum serta proses penjualan makanan dan minuman yang sangat sederhana. hal ini ditemukan dengan ditemukan pahatan tentang proses jamuan makan pada masa kerajaan di Timur Tengah sejak 3150 SM.


  • Di Eropa dapat dilihat dari negara Perancis, Roma ataupun Yunani, dari negara tersebut mempunyai suatu ciri khas yaitu menjadikan kegiatan jamuan makan serta pelayanan ke dalam sebuah kegiatan pada zamannya. pada zaman tersebut dari Perancis ada raja Louis XIV yang sangat mencintai kegiatan ini sehingga sampai pada saat ini layanan makan dan minum termasuk juga perkembangan kuliner dan restoran menjadi acuan dari seluruh dunia,


Aktivitas restoran dapat dijumpai di Paris sekitar tahun 1765, lalu semakin berkembangnya Coffee House (warung kopi) dan Tavern yang didirikan di Amerika Serikat dimana salah satu restoran yang terkenal pada zamannya ialah DELMONICO yang berlokasi di New York sekitar abad ke-19.


Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Delmonico%27s


Sedangkan di Indonesia sendiri perkembangan restoran bertaraf internasional diperkirakan bersamaan dengan dibangunnya dan berdirinya hotel bertaraf internasional seperti Hotel Indonesia, Ambarukmo, Samudra Beach dan Bali Beach pada tahun 1962.


No comments:

Post a Comment